Awas! Jangan Terlalu Lama Tidur

Share

Girl In Bed

Tidur merupakan aktivitas yang dibutuhkan oleh seluruh umat manusia. Biasanya, orang kesulitan untuk bisa tidur cukup, padahal orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jamĀ  per harinya. Tetapi ternyata, jika kita terus-meneris tidur lebih lama dari 9 jam, hal itu bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Studi terhadap kembar dewasa pada tahun 2014 menyimpulkan, durasi tidur yang lama meningkatkan resiko terkena gejala depresi. Peserta studi yang tidur antara 7-9 jam memiliki 27% sifat bawaan gejala depresi, sementara yang tidur 9 jam atau lebih memiliki 49% sifat bawaan gejala depresi.

Tahun 2012, studi yang meneliti perempuan berusia lanjut menunjukan, dalam periode 6 tahun fungsi otak memburuk bagi mereka yang tidur terlalu lama atau terlalu sebentar. Perempuan yang tidur selama lebih dari 9 jam atau kurang dari 5 jam mengalami perubahan pada otak seakan usia mereka dua tahun lebih tua.

Tim riset Korea pada tahun 2013 menganalisa kebiasaan tidur lebih dari 650 orang yang sedang menjalani proses bayi tabung. Hasilnya, tingkat kehamilan paling tinggi ditemukan pada perempuan yang tidur selama 7-9 jam dan paling rendah pada perempuan yang tidur selama 9-11 jam.

Di Quebec, sebuah penelitian menjelaskan dalam periode 6 tahun, warga yang tidurnya lebih dari 8 jam beresiko 2 kali lipat terkena diabetes tipe 2 atau toleransi glukosa terganggu, dibandingkan yang tidurnya 7-8 jam. Peneliti di Quebec juga memantau pertambahan berat badan dan kadar lemak selama 6 tahun. Mereka yang tidur 9-10 jam, 25% lebih mungkin beratnya naik 5 kg, walau sudah memperhitungkan pola makan dan aktivitas fisik.

Pertemuan American College of Cardiology di tahun 2012, dalam mempresentasikan hasil risetnya menjelaskan, tidur selama 8 jam atau lebih, berhubungan dengan bertambahnya resiko terkena masalah jantung. Penelitian ini menganalisa data dari 3000 orang lebih. Peserta yang tidurnya lama, 2 kali lebih besar resikonya terkena angina dan 1,1 kali beresiko terkena penyakit arteri koroner.

Pada 2010, dari 16 studi yang berbeda, peneliti mengungkapkan peningkatan resiko kematian dini pada mereka yang tidur terlalu sebentar dan terlalu lama. Tidur lebih dari 8 jam dikaitkan dengan 1,3 resiko lebih besar mengalami kematian dini diantara 1.382.999 peserta studi.

Save

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *