Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Bisa Dilihat Dari Urin Kita

Share

Warna, bau dan konsistensi urin bisa memberi petunjuk akan apa yang terjadi pada tubuh kita. Tidak ada salahnya mulai memperhatikan urin setelah buang air kecil, demi mengetahui kondisi tubuh hal ini tentu sangat mudah untuk dilakukan. Seperti apa gejala-gejala yang muncul pada urin dan menerangkan kondisi tubuh kita?

Berbau Manis

Pakar kesehatan Holly Phillips, M.D. berpendapat, urin berbau manis sering menjadi petunjuk penting diagnosa penyakit diabetes. Bagi penderita diabetes, bau manis bisa mengindikasi tingkat gula darah mereka tidak terkendalikan.

Warna Keruh

Urin dengan warna keruh biasanya berasal dari kotoran bakteri dan leukosit. Ini bisa menjadi indikasi infeksi saluran kemih (ISK). Biarpun seseorang tidak merasa sakit dan tidak memiliki gejala ISK, amati seksama perubahan warna urin.

Merah Muda

Gejala seperti ini mungkin dikarenakan terlalu banyak memakan semangka atau buah lain yang berwarna kemerahan, merah muda bisa menandakan adanya darah dalam urin anda. Hal ini bisa jadi gejala infeksi saluran kemih, batu ginjal atau bahkan kanker.

Bau Busuk

Air seni memang tidak seharusnya wangi seperti bunga mawar. Tapi kalau baunya sangat menyengat, seperti misalnya makanan busuk, ini cara kandung kemih memperingatkan kita bahwa di bagian tersebut terjadi infeksi.

Seperti Terbakar

Mungkin kebanyakan dari kita pernah merasakannya setelah terlalu banyak makan sambal. Namun, rasa perih yang seperti terbakar saat buang air kecil bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau penyakit menular kelamin seperti klamidia atau gonore.

Desakan Buang Air Kecil

Gejala seperti ini pertanda klasik infeksi saluran kemih. Gejala yang paling sering ditemukan adalah rasa terbakar ketika buang air kecil dan harus sering buang air kecil atau desakan untuk buang air kecil. Bisa jadi hal ini adalah gejala sistisis, kondisi yang sulit terdiagnosa dan menyebabkan rasa sakit kronis pada kandung kemih.

Bolak-Balik ke WC

Bagi perempuan hamil, ini gejala dini yang dipicu oleh perubahan hormon yang mempercepat aliran darah dari ginjal. Penyebab lainnya bila harus sering buang air kecil adalah konsumsi minumal alkohol dan kafein. Jika terus terjadi, periksalah ke dokter. Karena bisa juga pertanda diabetes atau tumor.

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *