Aktivitas yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak

Share

Mencerdaskan-Anak

Kepribadian seorang anak masih mudah untuk terbentuk. Dalam membentuk pribadi seorang anak, peran orang tua sangatlah dibutuhkan. Orang tua berperan penting dalam proses ini, terutama dalam proses mencerdaskan anak. Manusia memiliki 5 indera yang digunakan untuk menyerap informasi dan pengetahuan dari luar. Kelima indera inilah yang harus dilatih untuk menghasilkan anak yang cerdas.

Hal penting dalam proses pembelajaran anak adalah komunikasi. Dengan berkomunikasi, seorang anak bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan baru. Selain itu, juga bisa meningkatkan kedekatan antar orang tua dan anak. Kedekatan yang demikian membuat proses transfer ilmu dari orang tua kepada anak bisa berjalan dengan baik.

Mendidik seorang anak pasti membutuh kesabaran. Mungkin seorang anak akan menanyakan hal yang sama, meskipun kita merasa pernah mengajarkannya. Tapi ini adalah proses bagi seorang anak dalam menyerap pengetahuan. Tidak perlu bersikap marah-marah, tetap jelaskan dan jawab apa yang ditanyakan oleh si kecil dengan penuh sabar. Pengulangan akan menjadi sebuah kebiasaan, Hal ini bisa diterapkan dalam pembentukan moral buah hati kita. Ajarkan anak akan pentingnya berterima kasih.

Variasi gerakan bisa juga meningkatkan kecerdasan anak. Itulah kenapa mengajak anak pergi ke taman bermain sangat penting. Ini dikarenakan anak bisa melakukan berbagai macam variasi gerakan dengan menggunakan permainan yang ada. Mulai dari bergelantungan, merangkak, bermain pasir, berlari, melompat, menanjak dan lain-lain.

Selain bisa mencerdaskan anak, memainkan dan mendengarkan musik dipercaya dapat meningkatkan kepekaan anak kepada keadaan lingkungan sekitar. Ini sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak dalam bersosialisasi. Musik yang baik untuk didengarkan anak adalah musik klasik, karena musik klasik lembut dan iramanya sangat indah.

Berolahraga juga sangat penting untuk anak, agar anak memiliki kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit. Jika belum memungkinkan, kita tidak perlu mengajak sang anak melakukan olah raga yang sulit, seperti bola basket dan sepak bola. Cukup dengan berjalan kaki bersama di akhir pekan. Hal ini baik bagi kebugaran tubuhnya.

Sudah banyak orang tua mengetahui menu makanan yang baik adalah makanan yang mengandung sayur, daging, dan nasi, juga susu. Agar anak-anak tidak bosan dengan menu makanan yang disediakan, pandai-pandailah dalam memberi menu makanan kapada anak-anak. Bila ingin menggunakan suplemen untuk anak, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter ahli gizi, supaya aman dan baik untuk kesehatan anak.

Save

Save

Save

Save

Ahmad Muhajir

Keturunan Nabi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *